July 2021

Ewesoft

Buku Java Terbaik di Dunia Coding Bagian 3

Buku Java Terbaik di Dunia Coding Bagian 3 – Untuk menambah wawasan, sebuah buku harus berisi serangkaian masalah yang akan mereka hadapi saat berlatih. Masalah-masalah berbasis aplikasi Java ini juga harus disertai dengan solusi sehingga mereka tidak perlu mencari sumber lain untuk menemukan jawaban yang benar.

7. Learn Java: A Crash Course Guide

Saat dunia bergeser dengan cepat ke mode online, inilah saatnya untuk membiasakan diri dengan bahasa yang digunakan untuk membuat kode akhir-akhir ini. Aplikasi bersama dengan berbagai layanan lainnya sedang dibangun di Java dan Anda perlu menemukan panduan yang tepat yang akan membantu Anda belajar dengan mudah.

Buku ini mengklaim memperkenalkan pemula dengan dasar-dasar Java yang lengkap. Semua perusahaan di seluruh dunia menuntut pengembang Java dan Anda akan merasa cukup bermanfaat untuk mempelajarinya. Pelajari Java adalah panduan masuk Anda di mana topik yang dibahas lebih dari cukup untuk memulai dan saat Anda maju, ada beberapa opsi lain yang dapat Anda gunakan dalam ulasan ini.

Setelah Anda menjadi pengembang, seluruh dunia ada di panggung Anda dan Anda akan dapat mengirimkannya ke klien Anda dari mana saja di seluruh dunia. Panduan ini akan menjadi langkah pertama menuju tujuan akhir ini dan jika Anda bertanya-tanya topik apa yang tercakup dalam referensi ini, izinkan saya menuliskan beberapa di antaranya untuk Anda. Topik yang dibahas adalah loop, array, input pengguna, pemrograman OO, dll. Buku ini juga mencakup beberapa contoh praktis yang akan membantu pelajar dalam proyek masa depan mereka.

8. Java: Programming Basics for Absolute Beginners

Panduan referensi ini adalah panduan yang bisa didapatkan oleh pemula dengan biaya yang sangat terjangkau. Konten yang ditawarkan di sini memiliki panduan langkah demi langkah yang akan sangat membantu pemula. Ini untuk memahami konsep dasar bahasa pemrograman tingkat lanjut ini.

Karena ini adalah salah satu opsi yang paling terjangkau, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang. Buku ini akan memandu pembaca melalui langkah-langkah yang harus mereka ikuti untuk menulis kode pertama mereka. Buku ini akan membawa total 57 contoh. Ini didasarkan pada pengalaman kehidupan nyata, yang memungkinkan pelajar untuk menerapkan solusi di suatu tempat di masa depan.

Topik yang dibahas di sini oleh penulis Nathan Clark adalah beberapa konsep dasar Java. Ini melibatkan langkah-langkah rinci untuk menceritakan program pertama. Selanjutnya memiliki proses dan langkah-langkah untuk menggunakan Java Development Kit beserta fitur-fiturnya.

Beberapa topik lain yang dibahas di sini adalah variabel, tipe data, loop, dll. Buku ini juga mencoba untuk fokus pada sejarah bahasa yang mencakup asal-usul dan evolusi. Praktik yang tersedia di sini hadir dengan solusi terperinci dan Anda akan dapat membandingkan hasil Anda dengan solusi.

9. OCA/OCP Java SE 8 Programmer Certification Kit

Kit sertifikasi hadir dengan total tiga lapisan, Associate, Professional, dan Master. Untuk menjadi pengembang profesional, Anda harus lulus beberapa tes dan lulus ujian sertifikasi. Ini adalah kit/referensi yang akan membantu Anda memahami format dan struktur ujian dengan mudah.

Pertanyaan bersama dengan konten yang tersedia di sini adalah nilai uang dan terstruktur selaras penuh dengan pola ujian. Penjelasan yang diberikan di sini untuk pemrograman fungsional akan sangat membantu dalam menyelesaikan ujian 1Z0-808 & 1Z0-809. Jika Anda hanya membutuhkan buku untuk direvisi dan menyelesaikan ujian, kami sarankan Anda memilih yang dari bagian ‘bekas’.

Ini akan tersedia dengan harga yang sangat murah dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra. Topik yang dibahas di sini adalah topik yang selalu ditanyakan dalam ujian sertifikasi ini. Topik dasar yang dapat Anda evaluasi adalah pemrograman fungsional, pemrograman OO, tugas database, dll.

Peserta didik juga akan dapat melalui kelas abstrak, desain kelas, dan antarmuka. Bahasa yang digunakan di sini cukup sederhana dan pemula akan dengan mudah memahami bagian penjelasan yang ditawarkan dalam kit ini oleh Jeanne Boyarsky dan Scott Selikoff.

Ewesoft

Buku Java Terbaik di Dunia Coding Bagian 2

Buku Java Terbaik di Dunia Coding Bagian 2 – Buku yang Anda beli harus diterbitkan dalam bahasa yang sangat mudah dan sederhana. Ini akan memungkinkan pemula untuk memahami semuanya dengan mudah dan menerapkan pembelajaran tanpa kerumitan tambahan.

4. Beginning Programming With Java For Dummies

Seri For Dummies adalah salah satu yang terbaik yang tersedia di pasaran dalam hal menemukan sesuatu untuk pemula. Buku edisi Java ini mampu menangkap pandangan yang sangat komprehensif tentang semua aspek yang harus diperkenalkan kepada seorang pemula ketika harus belajar bahasa baru.

Jika kami menjauhkan semua jargon teknis, buku ini adalah pilihan sempurna bagi Anda untuk memahami semua yang perlu Anda ketahui tentang Java. Ini dibagi menjadi beberapa bagian di mana yang pertama adalah Memulai. Selain itu, ini akan membawa sekitar 3 bab, dan topik yang dibahas akan menjadi teknik terbaru yang digunakan dalam implementasi bahasa. Ini juga akan memperkenalkan Anda pada program Java yang sangat sederhana. Pada awalnya, Anda mungkin merasa agak membingungkan.

Selanjutnya, bagian selanjutnya akan memberi Anda latihan dan tugas yang akan membuat Anda menulis program pertama Anda. Bagian ini akan membawa tiga bab, juga. Topik yang disertakan adalah variabel & nilainya, Siklus, dan struktur Kontrol.

Nyata atau Anda dapat mengatakan bab pengembangan Java aktual di mana OOP akan digunakan dimulai dari Bagian 3. Ini akan mengharuskan Anda untuk menginvestasikan sebagian besar waktu Anda dan melanjutkan; Anda akan mendapatkan Bagian 4 sebagai beberapa cara cerdas untuk mengimplementasikan Java. Akhirnya, Bagian 5 akan memperkenalkan Anda pada beberapa kesalahan yang mungkin Anda hadapi dan beberapa tip yang harus Anda ingat.

5. Java: Learn Java In One Day

Jika Anda seorang pemula, kami akan merekomendasikan buku ini daripada yang lainnya. Tidak hanya itu salah satu yang terbaik dalam hal konten, tetapi Anda juga akan merasa cukup terjangkau. Panduan sederhana dan to-the-point ini menawarkan pandangan yang komprehensif pada semua aspek dari bahasa pemrograman yang sangat canggih ini.

Audiens yang ditargetkan adalah para pemula, dan hari-hari ketika Anda diharuskan membawa buku-buku tebal untuk mempelajari dasar-dasarnya telah berlalu. Konsep dan teknik yang disebutkan di sini sepenuhnya diperbarui dan bahasa yang digunakan di sini cukup sederhana dan lugas. Topik yang dibahas di sini akan mencakup topik seperti OOP, array dan daftar, pemformatan string Java, kelas abstrak, antarmuka, dll.

Juga akan ada cukup banyak set latihan yang bisa Anda pecahkan dan kuasai keahlian Anda. Seiring dengan topik yang telah saya sebutkan di atas, panduan referensi untuk pemula ini juga akan menyertakan ekspresi lambda dan antarmuka fungsional.

Contoh-contoh yang diberikan di sini adalah contoh-contoh praktis yang akan sangat berguna dalam karir seseorang. Fokus pada penjelasan konsep dasar memungkinkan pemula untuk mempelajarinya dengan mudah dan tanpa kerumitan tambahan. Solusi yang disediakan di sini berisi metode langkah demi langkah sehingga Anda tidak memerlukan sumber daya lain untuk menemukan solusi terperinci.

6. Java Concurrency In Practice

Ini adalah konsep yang agak berbeda dan tidak setiap buku membahas aspek ini secara rinci. Pengembang pemrograman bersamaan dapat memanfaatkan sepenuhnya buku ini dan buku ini difokuskan untuk pemula. Mereka dapat belajar dengan baik, namun, latihan ini juga memiliki beberapa kontra yang signifikan. Yang terbesar adalah bahwa bahkan satu kesalahan dan satu menit akan menyebabkan seluruh kode runtuh. Selain itu, panduan Brian Goetz ini adalah panduan sempurna yang Anda butuhkan untuk berlatih program konkurensi Java. Di antara berbagai opsi lain yang tersedia di pasar, ini hanya satu-satunya di mana Anda akan menemukan detail tentang pemrograman bersamaan.

Meskipun fokus utamanya adalah pada Java Concurrency, ini mencakup semua aspek yang terkait dengan pemrograman dasar yang perlu dipelajari seseorang. Untuk menerapkan keselamatan dan keamanan, pengembang Java perlu mengingat beberapa konteks.

Konsep-konsep ini hanya akan dipelajari dengan memahami semua dasar-dasarnya. Fokusnya adalah pada pemula yang baru memulai dan jika Anda seorang profesional, Anda juga dapat menemukannya sebagai salah satu yang terbaik untuk melihat ke belakang. Bahasanya cukup sederhana dan pemula tidak memerlukan bantuan dari sumber lain untuk memahami topik yang kompleks.

Ewesoft

Buku Java Terbaik di Dunia Coding Bagian 1

Buku Java Terbaik di Dunia Coding Bagian 1 – Perkodingan adalah subjek yang tidak mudah untuk semua orang. Ada berbagai elemen yang perlu Anda bahas sebelum terjun ke dunia coding. Anda di sini dan kami berasumsi, sebagai seorang pemula, Anda sedang mencari panduan Java yang dapat Anda pelajari untuk mempelajari salah satu bahasa terpenting yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak. Dalam ulasan ini, kami akan membahas beberapa buku yang menurut Anda sangat membantu dalam menguasai Java sebagai pemula.

1. Effective Java – 3rd Edition

Edisi 1 & 2 dari Java Efektif adalah salah satu buku terlaris dalam kategori Pemrograman. Penulis telah berhasil menawarkan wawasan yang sangat rinci tentang aplikasi dan fitur bahasa Java yang harus dilalui oleh seorang profesional untuk menyempurnakan keahlian. Jika Anda telah memahami dasar-dasarnya, buku ini akan menjadi uluran tangan dalam memberikan Anda konten yang lebih detail dan menawarkan perspektif yang lebih baik tentang berbagai aspek. Ada berbagai pilihan dalam hal panduan yang akan Anda temukan online tetapi ada satu hal yang harus Anda ingat.

Sebagian besar panduan yang tersedia akan memperkenalkan Anda ke semua fitur dan hanya itu. Namun, Java yang Efektif akan memberi Anda penjelasan rinci tentang di mana dan bagaimana Anda dapat menerapkan fitur-fitur ini.

Joshua Bloch adalah penulisnya dan telah berhasil menawarkan panduan dengan semua rangkaian teknik terbaru dan juga celah yang mungkin Anda hadapi saat bekerja. Struktur buku ini menawarkan satu set 90 bab/topik yang akan sangat membantu dalam pembelajaran yang mudah. Buku ini juga memberikan referensi kepada pembaca di mana mereka dapat menemukan lebih banyak konten yang terkait dengan topik yang bersangkutan.

2. Head First Java – 2nd Edition

Bahasa, terutama yang berorientasi objek, cukup kompleks dan Anda harus melalui kurva belajar yang cukup curam untuk memahaminya. Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang sekarang banyak digunakan oleh banyak pengembang untuk menghasilkan konten web dan aplikasi perangkat lunak yang diperlukan.

Penulis telah berhasil menawarkan kompilasi terbaik dari masalah bersama dengan semua solusi. Buku ini terdiri dari pencitraan berkualitas tinggi dan representasi bergambar untuk membuat segalanya lebih mudah bagi Anda. Meskipun ada grafik dan diagram warna-warni yang digunakan dalam buku ini, Anda tidak boleh menganggapnya sebagai buku yang menyenangkan.

Bab-bab yang dibahas di sini memiliki nilai yang sangat serius untuk uang Anda dan Anda akan dapat mempelajari berbagai hal dengan mudah. Dalam buku ini, penulis Kathy Sierra telah berhasil menyusun dasar-dasar dan bergerak menuju bab pengkodean tingkat lanjut yang ditargetkan untuk audiens profesional.

Ini adalah edisi ke-2 dalam seri dan versi yang dibahas di sini adalah Java 5.0. Keuntungan terbesar yang akan Anda dapatkan di sini dengan buku ini adalah bahasa yang kaya dan struktur penulisan yang dipilih di sini oleh penulis. Teksnya cukup sederhana dan lugas dengan semua istilah teknis dijelaskan dalam penjelasan yang paling mudah.

3. Java: The Complete Reference – 11th Edition

Panduan referensi ini sepenuhnya didasarkan pada penawaran panduan komprehensif untuk Java SE 11. Panduan ini akan mencakup semua elemen yang diperlukan seperti kompilasi, menjalankan, mengembangkan, dan men-debug semua program Java.

Berbicara sedikit tentang aspek teknis, “Java: Referensi Lengkap” akan mencakup semua faktor yang diperlukan dan kunci. Ini terdiri dari bahasa pemrograman tingkat lanjut termasuk I/O, kerangka kerja koleksi, JavaBeans, Servlet, dll. Semua elemen ini adalah bagian dari Java API Library. Berbagai contoh disertakan dalam panduan referensi. Ini akan memberi Anda penjelasan rinci tentang situasi tertentu.

Juga, masalah ini sebagian besar didasarkan pada masalah kehidupan nyata dan akan membantu dalam karier. Buku yang ditulis oleh Herbert Schildt ini diawali dengan mengenalkan pembaca pada sejarah bahasa Jawa. Di sini, ia menyatakan bahwa ide inti dari pemrograman berorientasi objek dibawa ke dalam gambar pada tahun 1970-an.

Kemudian, penulis mencatat evolusi penuh bahasa dan mencakup semua aspek yang diperlukan seperti pemrograman multi-utas, AWT, Penanganan Swing, API Bersamaan, dll. Kode yang ditulis dalam buku ini dapat dengan mudah diunduh dari situs web dan pembaca akan mendapatkan semua referensi tepat di dalam buku.

Ewesoft

Pengenalan Dasar Fungsionalitas Papan Arduino

Pengenalan Dasar Fungsionalitas Papan Arduino – Ada banyak alasan yang memungkinkan hal ini seperti pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi, biaya komponen dan peralatan elektronik yang lebih rendah, dan ketersediaan internet yang meluas.

Salah satu produk yang memanfaatkan spesifikasi di atas dan banyak alasan lainnya dan membuat elektronik dapat menjangkau siapa saja tanpa memandang latar belakang mereka adalah “Arduino”.

Ada modul tambahan yang disebut Arduino Shields yang dapat digunakan untuk memperluas fungsionalitas papan Arduino. Beberapa shield yang umum digunakan adalah Arduino Proto shield, Arduino WiFi Shield dan Arduino Yun Shield.

Arduino UNO

Dalam tutorial ini, kita akan membahas board Arduino UNO. Arduino UNO adalah papan Arduino dasar dan murah dan merupakan yang paling populer dari semua papan Arduino dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Arduino UNO dianggap sebagai papan prototyping terbaik untuk pemula dalam elektronik dan pengkodean.

Arduino adalah platform prototyping open-source dalam elektronik berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak yang mudah digunakan. Secara halus, Arduino adalah papan prototyping berbasis mikrokontroler yang dapat digunakan dalam mengembangkan perangkat digital yang dapat membaca input seperti jari pada tombol, sentuhan pada layar, cahaya pada sensor dll dan mengubahnya menjadi output seperti menyalakan LED, memutar motor, memutar lagu melalui speaker, dll.

Papan Arduino dapat diprogram untuk melakukan apa saja hanya dengan memprogram mikrokontroler di papan menggunakan satu set instruksi yang, papan Arduino terdiri dari colokan USB untuk berkomunikasi dengan komputer Anda dan sekumpulan soket koneksi yang dapat dihubungkan ke perangkat eksternal seperti motor, LED dll.

Tujuan Arduino adalah untuk memperkenalkan dunia elektronik kepada orang-orang yang memiliki sedikit pengalaman dalam elektronik seperti penghobi, desainer, seniman, dll.

Arduino didasarkan pada proyek elektronik open source yaitu semua spesifikasi desain, skema, perangkat lunak tersedia secara terbuka untuk semua pengguna. Oleh karena itu, papan Arduino dapat dibeli dari vendor karena tersedia secara komersial atau Anda dapat membuat papan sendiri jika diinginkan yaitu Anda dapat mengunduh skema dari situs web resmi Arduino, membeli semua komponen sesuai spesifikasi desain, merakit semua komponen , dan buat papan Anda sendiri.

Perangkat keras dan perangkat lunak

Papan Arduino umumnya didasarkan pada mikrokontroler dari Atmel Corporation seperti mikrokontroler berbasis arsitektur AVR 8, 16 atau 32 bit.

Fitur penting dari papan Arduino adalah konektor standar. Dengan menggunakan konektor ini, kita dapat menghubungkan papan Arduino ke perangkat lain seperti LED atau modul tambahan yang disebut Shields.

Papan Arduino juga terdiri dari regulator tegangan papan dan osilator kristal. Mereka juga terdiri dari adaptor USB ke serial yang menggunakan papan Arduino yang dapat diprogram menggunakan koneksi USB.

Untuk memprogram papan Arduino, kita perlu menggunakan IDE yang disediakan oleh Arduino. Arduino IDE didasarkan pada bahasa pemrograman Processing dan mendukung C dan C++.

Jenis Papan Arduino

Ada banyak jenis papan Arduino yang tersedia di pasaran tetapi semua papan memiliki satu kesamaan: mereka dapat diprogram menggunakan Arduino IDE. Alasan untuk berbagai jenis papan adalah persyaratan catu daya yang berbeda, opsi konektivitas, aplikasinya, dll.

Papan Arduino tersedia dalam berbagai ukuran, faktor bentuk, no. dari pin I/O dll. Beberapa board Arduino yang umum dikenal dan sering digunakan adalah Arduino UNO, Arduino Mega, Arduino Nano, Arduino Micro dan Arduino Lilypad.

UNO berbasis mikrokontroler ATmega328P. Ada dua varian Arduino UNO: satu yang terdiri dari koneksi mikrokontroler lubang dan lainnya dengan tipe pemasangan permukaan. Model lubang tembus akan bermanfaat karena kita dapat mengeluarkan chip jika ada masalah dan menukarnya dengan yang baru.

Arduino UNO hadir dengan berbagai fitur dan kemampuan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mikrokontroler yang digunakan dalam UNO adalah ATmega328P, yang merupakan mikrokontroler 8-bit berbasis arsitektur AVR.

UNO memiliki 14 pin input – output (I/O) digital yang dapat digunakan sebagai input atau output dengan menghubungkannya dengan perangkat dan komponen eksternal yang berbeda. Dari 14 pin tersebut, 6 pin mampu menghasilkan sinyal PWM. Semua pin digital beroperasi pada 5V dan dapat menghasilkan arus 20mA.

Beberapa pin I/O digital memiliki fungsi khusus yang dijelaskan di bawah ini.

Pin 0 dan 1 digunakan untuk komunikasi serial. Mereka digunakan untuk menerima dan mengirimkan data serial yang dapat digunakan dalam beberapa cara seperti memprogram papan Arduino dan berkomunikasi dengan pengguna melalui monitor serial.

Pin 2 dan 3 digunakan untuk interupsi eksternal. Peristiwa eksternal dapat dipicu menggunakan pin ini dengan mendeteksi nilai rendah, perubahan nilai atau penurunan atau kenaikan pada sinyal.

Seperti disebutkan sebelumnya, 6 dari 14 Pin I/O digital yaitu 3, 5, 6, 9, 10, dan 11 dapat memberikan output PWM 8-bit.

Pin 10, 11, 12 dan 13 (SS, MOSI, MISO DAN SCK masing-masing) digunakan untuk komunikasi SPI.

Pin 13 memiliki LED built-in yang terhubung dengannya. Ketika pin HIGH, LED menyala dan ketika pin LOW dimatikan.

Arduino Uno memiliki 6 pin input analog yang dapat memberikan resolusi 10 bit yaitu 1024 nilai yang berbeda. Pin analog pada Arduino UNO diberi label A0 hingga A5.

Secara default, semua pin analog dapat mengukur dari ground ke 5V. Arduino UNO memiliki fitur, di mana dimungkinkan untuk mengubah ujung atas rentang dengan menggunakan pin AREF tetapi nilainya harus kurang dari 5V.

Selain itu, beberapa pin analog memiliki fungsi khusus. Pin A4 dan A5 digunakan untuk komunikasi I2C.

Ada berbagai cara di mana kita dapat memberi daya pada papan Arduino UNO. Kabel USB, yang digunakan untuk memprogram mikrokontroler, dapat digunakan sebagai sumber daya.

Ada colokan listrik, yang dengannya catu daya teregulasi eksternal dalam kisaran 7V – 12V dapat disuplai. Selain itu, daya juga dapat disuplai dari baterai melalui pin VIN.

Papan UNO memiliki regulator tegangan terpasang untuk 5V dan 3.3V, yang dapat digunakan sebagai catu daya untuk perangkat eksternal kecil seperti LED.

Ewesoft

Pengontrol Logika yang Dapat Diprogram Bagian 2

Pengontrol Logika yang Dapat Diprogram Bagian 2 – Setiap kali PLC dihidupkan, ia memuat semua instruksi dan fungsi yang diperlukan dan dengan demikian memeriksa kesalahan pada perangkat keras dan perangkat lunak. Tahap ini disebut self test, di mana pemeriksaan kesalahan di semua kartu dilakukan.

Jika tidak ada kesalahan, prosesor PLC membaca nilai input dari berbagai modul input (di mana berbagai sensor terhubung) dan menyalin nilainya ke dalam memori. Ini disebut tahap pemindaian masukan.

Tahap selanjutnya adalah mengeksekusi program yang disebut juga dengan logika scan. Selama ini, data input dari memori dibandingkan dan diproses oleh program logika (program logika tangga atau jenis program lainnya) dan dengan demikian nilai output diperbarui dalam memori sementara.

Dan tahap terakhir adalah pemindaian keluaran di mana keluaran yang terhubung ke modul keluaran akan diperbarui menggunakan nilai yang disimpan dalam memori sementara selama pemindaian logika. Biasanya, seluruh proses ini berulang 10 hingga 100 kali dalam satu detik.

Kita akan melihat contoh waktu nyata dari PLC yang beroperasi di industri pemotong kayu. Gambar berikut mengilustrasikan pengoperasian pengontrol logika yang dapat diprogram untuk melakukan operasi otomatis pemotong kayu.

Sistem ini terdiri dari rotary encoder, pisau pemotong dengan pengaturan piston pneumatik dan unit pengontrol logika yang dapat diprogram. PLC diprogram sedemikian rupa sehingga untuk panjang ketenangan kayu yang diinginkan, output akan menggerakkan piston pneumatik.

PLC juga menawarkan untuk memvariasikan program, sesuai dengan panjang potongan kayu yang diinginkan. Ini memindai input dari encoder putar yang mengukur jarak bergerak balok kayu. Berdasarkan program, PLC membandingkan data input dan mengirimkan output ke pemotong.

Keuntungan dari PLC

– PLC dibuat dengan kokoh dan digunakan di industri yang harus tahan terhadap suhu, kelembapan, getaran, dan kondisi operasi ekstrem lainnya yang ketat.

– PLC menghilangkan kabel keras kompleks yang terkait dengan sistem kontrol berbasis relai tradisional.

– PLC cepat dan waktu respons sangat kurang.

– Programmable Logic Controllers atau PLC dapat memiliki desain modular dan modul plug and play.

– Program untuk PLC dapat dengan mudah dimodifikasi dan dimutakhirkan fungsinya untuk menyambungkan kembali rangkaian relai. Juga proses troubleshooting modul hardware dan software dengan mudah.

Aplikasi Programmable Logic Controller (PLC)

– Programmable Logic Controllers atau PLC dioptimalkan untuk lingkungan industri untuk mengontrol proses.

– PLC digunakan di hampir semua industri seperti otomotif, kimia, makanan, logam, pertambangan, listrik, dll. untuk berbagai tugas seperti pemrosesan batch, konveyor material, pengemasan, pengoperasian derek, pengelolaan limbah, dll.

Bahasa Pemrograman PLC

Pemrograman PLC tidak terlalu sulit dibandingkan dengan bahasa pemrograman komputer lainnya. Keuntungan utama dari PLC adalah memungkinkan beberapa bahasa dalam pengontrol yang sama untuk memprogramnya.

Jadi pengguna (atau pengembang program) harus memilih bahasa yang paling cocok untuk mengembangkan logika untuk aplikasi tertentu. Model perangkat lunak dan bahasa pemrograman PLC ditangani oleh standar IEC 1131-3. Lima bahasa yang direkomendasikan oleh standar ini untuk PLC dibahas di bawah ini.

Daftar Instruksi (IL)

Ini adalah bahasa tingkat rendah dan mirip dengan bahasa pemrograman assembler. IL terdiri dari banyak baris kode di mana setiap baris mewakili tepat satu operasi. Jika program ini ditulis menggunakan instruksi yang ditentukan IEC, program dapat dipindahkan dengan mudah ke PLC lain yang sesuai dengan IEC. IL sangat cocok untuk aplikasi kecil yang melibatkan fungsi matematika sederhana. Bahasa ini jauh lebih ringkas dan membutuhkan lebih sedikit ruang di memori PLC.

Namun, bahasa ini tidak ramah pengguna dan tidak terlalu kuat. Selain itu, mengimplementasikan fungsi kompleks seperti PID dan komputasi matematis kompleks memerlukan upaya yang lebih besar.

Teks Terstruktur (ST)

Ini adalah bahasa tekstual tingkat tinggi yang mirip dengan BASIC dan Pascal. Ini dapat menangani kompleksitas program dengan mengimplementasikan fungsi kontrol proses, kalkulus, trigonometri dan analisis data jauh lebih mudah daripada pemrograman tangga dan IL.

Selain itu, ia berjalan jauh lebih cepat daripada IL dan dengan mudah dapat ditransfer ke PLC perangkat keras IEC lainnya dengan sedikit perubahan. Pengguna yang terlatih dalam bahasa teks tingkat tinggi akan merasa nyaman dengan bahasa teks terstruktur.

Namun, ini tidak cocok untuk pemecahan masalah dan agak asing bagi personel servis dan pemeliharaan.

Diagram Tangga (LD)

Bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk PLC adalah logika tangga, yang diciptakan untuk menggantikan sistem kontrol relai bawaan.

Ini adalah bahasa adopsi yang sederhana dan tersebar luas, bahkan seorang non programmer dengan latar belakang kelistrikan mampu memahami dan memecahkan masalah pogram. Ini adalah jenis bahasa grafis yang terdiri dari beberapa fungsi logika antara anak tangga dan power rail.

Diagram Blok Fungsi

Ini juga merupakan bahasa grafis dan merupakan bahasa pemrograman kedua yang paling banyak digunakan. Terdiri dari berbagai fungsi blok akhir yang merupakan elemen perangkat lunak yang dapat digunakan kembali yang terdiri dari satu atau lebih input dan satu atau lebih output.

Blok fungsi ini termasuk gerbang logika, penghitung, timer, PID, blok konversi data, dll. Namun sejumlah besar ruang layar diperlukan oleh gaya pemrograman ini.

Bagan Fungsi Berurutan

Ini adalah bahasa pemrograman grafis yang menyerupai diagram alir komputer. Jenis program ini mengontrol sistem sebagai serangkaian langkah dan transisi.

Ini terdiri dari kotak tindakan, di mana setiap kotak dapat diprogram dengan bahasa apa pun yang telah kita bahas di atas. Setiap kotak aktif sampai langkah transisi berikutnya diaktifkan. Setelah kotak saat ini dimatikan, langkah selanjutnya dalam urutan aktif dan seterusnya.

Ewesoft

Pengontrol Logika yang Dapat Diprogram Bagian 1

Pengontrol Logika yang Dapat Diprogram Bagian 1 – Programmable Logic Controller atau PLC adalah pengontrol berbasis mikroprosesor yang digunakan dalam otomatisasi kontrol mesin di industri. PLC adalah anggota keluarga komputer dengan Memori yang Dapat Diprogram yang menyimpan instruksi untuk melakukan berbagai tugas seperti logika, pengaturan waktu, penghitungan, pengurutan, dan aritmatika untuk mengontrol mesin dan mengotomatisasi proses.

Di masa lalu, otomasi industri dilakukan dengan sistem kontrol berbasis relai yang kompleks. Sistem kontrol berbasis relai elektromekanis ini menghabiskan banyak daya, keausan yang besar dan harus diservis dan diganti secara teratur.

Sebagai alternatif dari sistem kontrol relai yang kompleks ini, sistem baru telah dikembangkan oleh General Motors (GM) dengan persyaratan sebagai berikut: Pemrograman Sederhana, biaya perawatan rendah, dan sistem kontrol relai yang andal. Dan dengan demikian Programmable Logic Controller (PLC) pertama dikembangkan pada tahun 1968.

PLC adalah pilihan terbaik untuk solusi otomatisasi hemat biaya untuk melakukan operasi industri dengan kebutuhan mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Saat ini, PLC menjadi bagian integral dari kontrol proses industri dan sistem otomasi pabrik.

PLC dapat memberikan solusi optimal yang sempurna untuk lingkungan industri karena berbagai keunggulan, seperti kinerja tinggi dan tangguh, fleksibilitas luar biasa untuk menghubungkan I/O (input/output), akurasi dan keandalan yang lebih baik melalui blok fungsional bawaan, dll.

Perangkat Keras Pengontrol Logika yang Dapat Diprogram

Programmable Logic Controller (PLC) adalah komputer industri yang menerima parameter waktu nyata dari berbagai sensor dan mengoperasikan perangkat output berdasarkan logika yang diterapkan dalam programnya. PLC menggantikan perangkat yang dikontrol dengan kabel seperti timer, relay, counter dan sequencer dengan instruksi terprogram dan komponen solid state.

Gambar di bawah ini menunjukkan komponen perangkat keras dasar PLC. Sistem PLC yang khas terdiri dari komponen seperti Power Supply, CPU, Memory Unit, Programming Device, modul Input dan Output.

CPU, Processor atau Controller: Operasi dalam PLC dikendalikan dan diproses oleh Central Processing Unit (CPU) utama. Ini berisi unit aritmatika dan logika untuk melakukan manipulasi data dan operasi logis. CPU membaca status Perangkat Input dan menjalankan program kontrol untuk mengontrol beban.

Unit Memori: Ini menyimpan instruksi yang diperlukan untuk menjalankan program, data yang akan diproses dari sensor input dan data yang akan dikirim untuk perangkat output. Ini terdiri dari ROM sebagai penyimpanan permanen untuk sistem operasi dan data lain yang digunakan oleh CPU. RAM digunakan untuk menyimpan program pengguna, status berbagai perangkat input dan output, dan data riwayat berbagai perangkat.

Unit Catu Daya: Unit Catu Daya menyediakan daya yang diperlukan untuk PLC. Ini mengubah tegangan AC utama menjadi tegangan DC rendah sesuai persyaratan yang diperlukan untuk memberi daya pada prosesor dan sirkuit lain dalam modul input, output, dan komunikasi. Kebanyakan sistem PLC bekerja pada 230V AC atau 24V DC.

Modul Input / Output: Modul Input dan Output membentuk koneksi fisik ke modul lapangan ke pengontrol utama. Modul I/O yaitu sensor dan aktuator memungkinkan sistem PLC untuk berinteraksi dengan dunia luar. PLC biasanya terdiri dari banyak saluran untuk perangkat input dan output dengan isolasi terintegrasi dan sirkuit pengkondisi sinyal sehingga setiap sensor dan aktuator dapat dihubungkan langsung ke PLC tanpa sirkuit eksternal.

Modul I/O dapat berupa tetap yaitu pengontrol dan I/O dikemas bersama atau modular yaitu I/O dapat dengan mudah dipasang ke rak yang dapat dilepas. Perangkat I/O yang paling umum digunakan meliputi

Modul masukan digital

Modul keluaran digital

 Modul masukan analog

Modul keluaran analog

Modul tujuan khusus

Program dan Perangkat Pemrograman: Jantung dari PLC adalah CPU dan kita perlu memprogram CPU sesuai kebutuhan. Biasanya, bagian pemrograman PLC diimplementasikan menggunakan bahasa khusus dan umumnya Metode Grafis. Program untuk PLC dapat dirancang oleh para insinyur operasi tanpa pengetahuan yang luas tentang komputer atau pemrograman.

Program harus dimuat ke dalam memori PLC menggunakan pemrogram eksternal dan pengontrol memantau perangkat input dan output sesuai dengan program ini.

Perangkat Keras Tambahan: Selain komponen yang disebutkan di atas, beberapa komponen tambahan seperti konektor untuk menghubungkan modul eksternal (USB, RS232, SD Card, dll.), antarmuka komunikasi untuk menghubungkan dengan jaringan (Ethernet), sasis, dll.

Kerja Dasar PLC

Cara kerja PLC dapat dikategorikan menjadi empat tahap dasar operasi:

– Pengaturan awal

– Membaca data dari Input

– Menjalankan Instruksi

– Memerintahkan periferal Output

Ewesoft

Perbedaan Antara Raspberry Pi dan Arduino

Perbedaan Antara Raspberry Pi dan Arduino – Raspberry Pi dan Arduino adalah dua board yang sangat populer di kalangan pembuat elektronik DIY, penghobi, dan bahkan profesional. Raspberry Pi dan Arduino adalah board yang sangat berbeda. Sementara Arduino ditujukan untuk pemrograman cepat dan pembuatan prototipe sirkuit, Raspberry Pi bertindak sebagai alat pembelajaran untuk Pemrograman Komputer (tetapi Anda juga dapat menemukan Raspberry Pi adalah beberapa Proyek DIY). Setiap board memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mari kita lihat lebih dekat kedua board ini, memahami perbedaan antara Raspberry dan Arduino dan juga membuat perbandingan Raspberry Pi vs Arduino dalam format tabel. Jika Anda ingin memutuskan di antara keduanya, maka itu tergantung pada kebutuhan proyek Anda, tetapi kami berharap artikel ini akan membantu dalam memahami perbedaan antara kedua board ini dan membantu Anda dalam memilih board yang tepat untuk proyek Anda berikutnya.

Arduino

Mari kita mulai dengan Arduino. Arduino dikembangkan oleh Massimo Banzi dkk. di Ivrea, Italia. Arduino adalah alat prototipe elektronik sederhana dengan perangkat keras dan perangkat lunak sumber terbuka. Arduino pada dasarnya adalah board pengembangan Mikrokontroler yang dapat digunakan untuk Mengedipkan LED, menerima input dari Tombol, membaca data dari Sensor, mengontrol Motor, dan banyak tugas terkait “Mikrokontroler” lainnya.

Board Arduino yang paling populer adalah Arduino UNO, yang didasarkan pada Mikrokontroler ATmega328P dari Atmel (sekarang Microchip). Datang ke sisi perangkat lunak Arduino, semua board Arduino dapat diprogram dalam bahasa pemrograman C dan C++ menggunakan perangkat lunak khusus yang disebut Arduino IDE. Arduino IDE terdiri dari semua rantai alat untuk mengedit kode sumber, menyusun dan memprogram Mikrokontroler pada board Arduino.

Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya dengan Mikrokontroler seperti Mikrokontroler 8051, Atmel atau PIC, maka Anda mungkin memahami proses panjang pengembangan aplikasi menggunakan mikrokontroler ini. Jika Anda tidak terbiasa, mari kita lihat prosesnya secara singkat.

Pertama, Anda harus menulis perangkat lunak aplikasi (kode sumber utama) dalam IDE khusus (seperti Keil, Atmel Studio, atau MPLAB IDE PIC). Kemudian Anda harus mengkompilasi kode dan menghasilkan file biner dalam bentuk file .hex. Sekarang menggunakan perangkat keras khusus yang disebut “Programmer”, Anda harus mengunggah file hex ke mikrokontroler target menggunakan perangkat lunak programmer.

Arduino menyederhanakan proses ini dengan pemrograman cepat gaya plug-and-play. Dengan menggunakan satu perangkat lunak (Arduino IDE), Anda dapat menulis kode, mengompilasinya, dan mengunggahnya ke Mikrokontroler. Anda juga tidak memerlukan perangkat keras terpisah untuk mengunggah program. Cukup tancapkan board Arduino ke Komputer melalui Port USB, tekan tombol unggah, dan voila, Mikrokontroler pada board Arduino siap melakukan tugasnya.

Hal penting lainnya tentang Arduino adalah open-source. Ini berarti file desain dan kode sumber untuk perangkat lunak dan perpustakaan tersedia secara bebas. Anda dapat menggunakan file desain perangkat keras sebagai referensi dan pada dasarnya membuat board Arduino Anda sendiri.

Raspberry Pi

Raspberry Pi dikembangkan oleh Eben Upton di University of Cambridge di Inggris dengan tujuan untuk mengajar dan meningkatkan keterampilan pemrograman siswa di negara berkembang. Sementara Arduino adalah board pengembangan berbasis Mikrokontroler, Raspberry Pi adalah board berbasis Mikroprosesor (biasanya ARM Cortex A Series) yang bertindak sebagai komputer.

Anda dapat menghubungkan beberapa periferal seperti Monitor (melalui HDMI atau Port AV), Mouse dan Keyboard (melalui USB), terhubung ke internet (melalui Ethernet atau Wi-Fi), menambahkan Kamera (melalui Antarmuka Kamera khusus), sama seperti kami lakukan pada komputer desktop kita.

Karena seluruh Komputer (Prosesor, RAM, Penyimpanan, Grafik, Konektor, dll.) berada di satu Board Sirkuit Tercetak, Raspberry Pi (dan board serupa lainnya) disebut sebagai Komputer Board Tunggal atau SBC.

Karena Raspberry Pi pada dasarnya adalah komputer lengkap, ia dapat menjalankan Sistem Operasi. Raspberry Pi Foundation, organisasi yang bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan Raspberry Pi SBC, juga menyediakan Distribusi Linux berbasis Debian yang disebut Raspberry Pi OS (sebelumnya dikenal sebagai Raspbian OS).

Hal penting lainnya tentang Raspberry Pi adalah, karena merupakan Komputer berbasis Linux, Anda dapat mengembangkan perangkat lunak menggunakan beberapa Bahasa Pemrograman seperti C, C++, Python, Java, HTML, dll.

Terlepas dari niat awalnya, yaitu untuk mempromosikan pemrograman (seperti Python dan Bahasa Pemrograman Scratch) di sekolah, Raspberry Pi SBC asli menjadi sangat populer di kalangan pembangun DIY, penggemar dan penggemar untuk mengembangkan beberapa aplikasi seperti Robotika, Stasiun Cuaca, Sistem keamanan berbasis kamera dll.

Karena kesuksesan dan popularitasnya, Raspberry Pi Foundation terus memperbarui dan merilis versi baru Raspberry Pi dengan yang terbaru adalah Raspberry Pi 4 Model B.

File desain perangkat keras dan firmware Raspberry Pi bukan sumber terbuka.

Ewesoft

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 3

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 3 – Ulasan pengguna merupakan hal yang penting dan tidak dapat disangkal fakta bahwa ulasan yang dilakukan oleh pembeli bersertifikat memiliki signifikansi yang tinggi. Anda tidak boleh mengabaikan ulasan editor. Hal ini dilakukan oleh panel ahli sebagian besar dan Anda dapat menggunakan keahlian mereka.

7. The Art of Computer Programming

Fokus utama buku ini adalah untuk menawarkan kepada pembaca seperangkat alat pemrograman yang lengkap. Para pembaca buku ini telah mengulasnya secara ekstensif dan direkomendasikan untuk para profesional. Kumpulan 4 jilid ini dapat dianggap sebagai titik referensi terbaik bagi siapa saja. Bahasa yang akan Anda temukan di sini juga cukup sederhana dan Anda akan dapat mempelajari isinya tanpa masalah atau kerumitan.

Berbagai ilmuwan telah menganjurkan analisis yang dilakukan oleh duo penulis, Donald Knuth dan Donald John Fuller. Contoh yang akan Anda dapatkan di sini juga sangat mirip dengan proyek kehidupan nyata. Namun, hampir tidak mungkin seseorang dapat menyelesaikan buku dari awal hingga akhir, yang terbaik adalah memperlakukan panduan ini sebagaimana mestinya. Ini adalah panduan referensi yang dapat Anda gunakan kembali setiap kali Anda terjebak pada proyek apa pun.

8. Programming Pearls

Anda tidak akan menemukan satu pun insinyur atau pembuat kode yang tidak mencantumkan buku rekayasa perangkat lunak ini dalam daftar buku favoritnya. Jon Bentley adalah penulisnya dan dia telah berhasil menawarkan perspektif yang sangat berbeda tentang adegan pengkodean.

Buku ini sangat berfokus pada penyediaan solusi bagi pemrogram untuk semua masalah yang mungkin mereka hadapi. Solusi yang akan Anda dapatkan di sini dalam panduan ini cukup mudah dan unik. Penulis telah memilih pendekatan yang cerdas dan lucu terhadap masalah yang mungkin dihadapi seseorang.

Para pemula akan merasa cukup menarik untuk belajar dengan pendekatan ini. Selain itu, solusi yang penulis tawarkan untuk masalah juga dapat diimplementasikan dengan mudah ke masalah dunia nyata. Tidak peduli apakah Anda seorang pemula atau profesional, buku ini menawarkan perspektif yang sangat mendalam. Setelah Anda mempelajari panduan ini oleh J. Bentley, Anda tidak hanya akan dapat menemukan hal-hal yang lebih mudah untuk diterapkan, tetapi Anda mungkin juga mengetahui tentang pendekatan yang lebih mudah.

9. A Philosophy of Software Design

Datang dengan label harga yang mahal, Anda mungkin merasa agak sulit untuk melihatnya. Namun, setelah melalui ulasan, kami merasa cukup menarik untuk disertakan. Buku ini dimulai dengan semua dasar yang perlu Anda ingat ketika Anda baru saja mulai belajar rekayasa perangkat lunak.

Metode dan teknik yang dibahas di sini akan memberi Anda pendekatan yang sangat mudah dan sederhana untuk membagi beberapa set kode yang kompleks menjadi modul yang lebih kecil. Ke depan, penulis telah menjelaskan aspek filosofis dari proses yang harus diikuti oleh pengembang.

Struktur yang penulis pilih untuk menjelaskan hal-hal sangat menarik. Paragraf dan bagian dibuat pendek dan ke titik yang tidak kurang dari keuntungan bagi seorang pemula. Dasar-dasarnya dijelaskan dengan sangat baik sehingga pembaca akan dapat memahami secara menyeluruh konsep inti di baliknya. Selain itu, begitulah cara Anda mengelola kode yang rumit. Jika Anda mencari buku yang dapat menawarkan Anda perspektif yang mendalam, ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

10. The Pragmatic Programmer

Saat kita bergerak maju dalam hal teknologi canggih, ada berbagai aspek baru yang perlu Anda pahami. Buku ini diterbitkan sepanjang jalan kembali pada tahun 1999. Ini mencakup berbagai topik termasuk penilaian diri dan pengembangan karir.

Selain itu, bab-bab yang akan Anda dapatkan di sini berakhir dengan serangkaian masalah. Juga, Anda dapat mengatakan tantangan yang akan membantu Anda berlatih sebanyak mungkin. Panduan yang ditulis oleh Andrew Hunt dan David Thomas menawarkan perspektif yang sangat rinci tentang semua aspek pemrograman. Ini akan membantu pemula untuk mengarahkan jalan mereka menjadi seorang profesional.

Buku ini juga berfokus pada celah dan kesalahan yang biasanya dihadapi pengembang. Kesalahan ini dapat dengan mudah diperbaiki tanpa kerumitan, yang perlu Anda lakukan hanyalah membaca bab ini secara menyeluruh. Namun, ada juga beberapa kontra yang akan Anda dapatkan dari buku ini. Penulis menunjukkan untuk selalu menggunakan kontrol versi dalam kode Anda.

Ewesoft

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 2

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 2 – Untuk pemula, harga adalah aspek yang paling penting berikut ini masih ada beberapa opsi yang sangat premium yang harus Anda baca untuk calon software engineering. Untuk para profesional atau orang-orang yang menganggap uang bukanlah hal utama, Anda harus mendapatkan yang menawarkan tampilan paling komprehensif.

4. Clean Architecture

Hal paling mendasar yang perlu Anda pelajari dalam aspek apa pun yang terkait dengan rekayasa perangkat lunak, adalah di mana pun Anda bekerja, Anda harus mengutamakan aturan universal. Penulis telah menulis beberapa buku terlaris dan Clean Architecture tentu saja tidak terkecuali.

Buku ini juga akan fokus pada aspek-aspek yang perlu Anda pelajari saat melamar pekerjaan. Dalam buku ini, pembaca akan dapat melihat berbagai masalah yang akan datang dengan solusi langsung tanpa omong kosong yang tidak perlu. Penulis juga telah membahas prinsip-prinsip utama yang perlu Anda ikuti untuk mencapai posisi yang Anda cita-citakan.

Datang ke aspek yang lebih teknis, buku ini adalah langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mempelajari lebih lanjut dan menyempurnakan keterampilan Anda dalam hal manajemen data, pemisahan komponen, dan banyak lagi. Pembaca juga akan bisa mendapatkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang hal-hal yang benar-benar penting dalam pengkodean dan hal-hal yang dapat Anda abaikan tanpa merusak perangkat lunak yang sedang Anda kerjakan. Jika Anda baru memulai atau masih dalam tahap pemula, kami sangat merekomendasikan untuk membaca buku ini.

5. Code Complete: A Practical Handbook of Software Construction

Panduan referensi ini sangat populer di kalangan pengembang dan pembuat kode. Aspek terpenting bagi setiap pemula adalah memahami apa yang ditawarkan buku ini. Bahasa yang dipilih oleh penulis S. McConnell cukup sederhana dan lugas.

Di antara berbagai buku yang akan Anda temukan dalam kategori rekayasa perangkat lunak, Code Complete adalah panduan yang akan menemukan panduan praktik terbaik. Contoh-contoh yang disertakan di sini adalah kehidupan nyata dan Anda akan menemukan beberapa teknik terbaik untuk diterapkan. Penulis juga akan memandu Anda tentang cara terbaik untuk menerapkan prinsip tertentu.

Setelah Anda membaca buku ini, Anda harus dapat memahami metodenya secara menyeluruh. Anda harus mengikuti mereka untuk mendapatkan kreativitas terbaik tanpa membuat kode terlalu rumit. Panduan ini juga akan secara ekstensif berfokus pada keuntungan yang akan Anda dapatkan dari pengembangan kolaboratif. Berkat solusi langsung yang ditawarkan buku ini. Pembaca juga akan dapat dengan mudah men-debug kesalahan dan masalah yang mungkin terjadi dalam kode Anda. Code Complete memaksa Anda untuk menjaga kualitas kode yang Anda tulis.

6. Code: The Hidden Language of Computer Hardware and Software

Tidak peduli apakah Anda telah memilih rekayasa perangkat lunak sebagai karir Anda atau Anda hanya ingin tahu, Anda perlu mempelajari cara kerja komputer. Pengkodean adalah bahasa rahasia yang membuat semuanya berfungsi dan Anda dapat memesan komputer apa pun jika Anda mampu menguasai keterampilan pengkodean.

Ini juga merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan metode baru untuk membangun komunikasi. Buku ini akan dimulai dengan pengenalan yang sangat rinci tentang apa itu coding. Metode dan bahasa beserta referensi yang akan Anda dapatkan di sini akan membantu pemula untuk memahami dasar-dasarnya secara menyeluruh.

Buku ini menceritakan segala sesuatu dalam bentuk cerita dan ternyata menjadi teknik yang luar biasa untuk mengajarkan beberapa konsep dasar. Contoh yang akan Anda dapatkan di sini juga akan membantu dalam proyek yang sedang Anda kerjakan. Panduan setebal 400 halaman adalah alat terbaik dan lengkap yang Anda perlukan untuk memahami apa itu kode. Di bagian selanjutnya dari buku ini, pembaca juga akan mendapatkan konten terperinci tentang aspek membangun komputer sendiri.

Ewesoft

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 1

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 1 – Buku dikatakan sebagai teman terbaik Anda dan memang begitu nyatanya untuk para calon software engineering. Berbagai ahli telah mencapai posisi mereka saat ini dengan menginvestasikan waktu mereka dalam membaca. Rekayasa perangkat lunak adalah subjek yang menuntut membaca berjam-jam konten bersama dengan latihan.

1. Cracking the Coding Interview

Saat Anda mempelajari dasar-dasar rekayasa perangkat lunak, aspek terpenting yang perlu Anda fokuskan adalah latihan. Sebelum Anda melamar pekerjaan, Anda harus melalui sebanyak mungkin masalah agar Anda memiliki ide dasar untuk menerapkan teknik dasar.

Dalam sebuah wawancara, Anda tidak pernah tahu kapan pewawancara meminta Anda untuk menuliskan kode untuk beberapa tugas di papan tulis. Buku yang kami perkenalkan kepada Anda memiliki beberapa tip dan teknik luar biasa yang disebutkan yang akan membantu Anda memahami prosesnya dengan mulus.

Pertanyaan yang akan diajukan kepada Anda akan memiliki lapisan yang terbuka sebelum Anda dapat menjawabnya. Anda juga akan melihat bahwa pertanyaan tidak akan diambil dari buku teks mana pun dan semuanya akan ditanyakan secara real-time berdasarkan aplikasi kehidupan nyata. Saat menyelesaikan panduan referensi ini, Anda akan dapat melakukan yang terbaik di setiap wawancara pengkodean. Buku, yang ditulis oleh Gayle Laakmann McDowell, akan mencakup berbagai pertanyaan wawancara yang akan memiliki pertanyaan dasar hingga pertanyaan berbasis algoritma yang rumit.

2. Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship

Untuk seorang pembuat kode, hal terpenting yang perlu diingat adalah bagaimana menulis kode yang bersih. Proses pengembangannya sangat rumit dan Anda hanya akan bisa menguasainya dengan banyak latihan.

Kode yang Anda tulis harus bersih agar semuanya berfungsi. Jika tidak, akan ada banyak bug yang akan Anda perhatikan dan perangkat lunak yang Anda kembangkan akan runtuh. Buku ini akan fokus untuk memberi Anda banyak kode tertulis yang dapat Anda lalui untuk mengetahui kesalahan yang mungkin Anda buat.

Fokus utama buku Robert Martin ini adalah untuk memberikan perbandingan rinci antara faktor-faktor kunci yang membuat sebuah program baik atau buruk. Panduan ini pada dasarnya terdiri dari tiga bagian, yang pertama berfokus pada penyediaan pola, praktik, dan prinsip. Pindah ke bagian kedua, pembaca akan menemukan sejumlah studi kasus beserta beberapa contoh yang sangat praktis. Buku ini juga akan memperkenalkan Anda pada semua detail penting yang perlu Anda terapkan dalam membentuk kode yang ditulis dengan buruk menjadi kode yang bersih.

3. Introduction to Algorithms – 3rd Edition

Edisi sebelumnya dari panduan referensi ini untuk mempelajari dasar-dasar dan memulai aspek teknis juga sangat populer di kalangan insinyur. Ini tidak terkecuali. Buku ini akan mencakup berbagai teknik dan tip yang terkait dengan topik seperti algoritma multithreaded, aliran berbasis tepi, pemrograman dinamis, dll.

Berbeda dengan buku-buku lain yang fokus menawarkan satu aspek saja, baik keketatan maupun kelengkapannya, buku yang ditulis oleh Thomas H. Cormen ini mencakup kedua aspek tersebut secara detail. Bahkan ketika algoritma jangka panjang dibahas secara luas, Pengantar Algoritma berhasil menawarkan pemahaman yang mudah bagi pemula.

Edisi 1 dan 2 dari panduan ini juga sangat populer di kalangan silabus universitas. Edisi terbaru ini menawarkan pandangan yang diperbarui pada semua aspek dan Anda tidak akan merasa ingin memahami alur kerja platform yang sudah ketinggalan zaman. Buku ini juga menampilkan serangkaian teknik yang disempurnakan yang akan digunakan para insinyur untuk mengubah algoritma serakah bersama dengan implementasi pemrograman dinamis yang lebih baik.