July 13, 2021

Ewesoft

Perbedaan Antara Raspberry Pi dan Arduino

Perbedaan Antara Raspberry Pi dan Arduino – Raspberry Pi dan Arduino adalah dua board yang sangat populer di kalangan pembuat elektronik DIY, penghobi, dan bahkan profesional. Raspberry Pi dan Arduino adalah board yang sangat berbeda. Sementara Arduino ditujukan untuk pemrograman cepat dan pembuatan prototipe sirkuit, Raspberry Pi bertindak sebagai alat pembelajaran untuk Pemrograman Komputer (tetapi Anda juga dapat menemukan Raspberry Pi adalah beberapa Proyek DIY). Setiap board memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mari kita lihat lebih dekat kedua board ini, memahami perbedaan antara Raspberry dan Arduino dan juga membuat perbandingan Raspberry Pi vs Arduino dalam format tabel. Jika Anda ingin memutuskan di antara keduanya, maka itu tergantung pada kebutuhan proyek Anda, tetapi kami berharap artikel ini akan membantu dalam memahami perbedaan antara kedua board ini dan membantu Anda dalam memilih board yang tepat untuk proyek Anda berikutnya. nexus slot

Arduino

Mari kita mulai dengan Arduino. Arduino dikembangkan oleh Massimo Banzi dkk. di Ivrea, Italia. Arduino adalah alat prototipe elektronik sederhana dengan perangkat keras dan perangkat lunak sumber terbuka. Arduino pada dasarnya adalah board pengembangan Mikrokontroler yang dapat digunakan untuk Mengedipkan LED, menerima input dari Tombol, membaca data dari Sensor, mengontrol Motor, dan banyak tugas terkait “Mikrokontroler” lainnya.

Board Arduino yang paling populer adalah Arduino UNO, yang didasarkan pada Mikrokontroler ATmega328P dari Atmel (sekarang Microchip). Datang ke sisi perangkat lunak Arduino, semua board Arduino dapat diprogram dalam bahasa pemrograman C dan C++ menggunakan perangkat lunak khusus yang disebut Arduino IDE. Arduino IDE terdiri dari semua rantai alat untuk mengedit kode sumber, menyusun dan memprogram Mikrokontroler pada board Arduino.

Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya dengan Mikrokontroler seperti Mikrokontroler 8051, Atmel atau PIC, maka Anda mungkin memahami proses panjang pengembangan aplikasi menggunakan mikrokontroler ini. Jika Anda tidak terbiasa, mari kita lihat prosesnya secara singkat.

Pertama, Anda harus menulis perangkat lunak aplikasi (kode sumber utama) dalam IDE khusus (seperti Keil, Atmel Studio, atau MPLAB IDE PIC). Kemudian Anda harus mengkompilasi kode dan menghasilkan file biner dalam bentuk file .hex. Sekarang menggunakan perangkat keras khusus yang disebut “Programmer”, Anda harus mengunggah file hex ke mikrokontroler target menggunakan perangkat lunak programmer.

Arduino menyederhanakan proses ini dengan pemrograman cepat gaya plug-and-play. Dengan menggunakan satu perangkat lunak (Arduino IDE), Anda dapat menulis kode, mengompilasinya, dan mengunggahnya ke Mikrokontroler. Anda juga tidak memerlukan perangkat keras terpisah untuk mengunggah program. Cukup tancapkan board Arduino ke Komputer melalui Port USB, tekan tombol unggah, dan voila, Mikrokontroler pada board Arduino siap melakukan tugasnya.

Hal penting lainnya tentang Arduino adalah open-source. Ini berarti file desain dan kode sumber untuk perangkat lunak dan perpustakaan tersedia secara bebas. Anda dapat menggunakan file desain perangkat keras sebagai referensi dan pada dasarnya membuat board Arduino Anda sendiri.

Raspberry Pi

Raspberry Pi dikembangkan oleh Eben Upton di University of Cambridge di Inggris dengan tujuan untuk mengajar dan meningkatkan keterampilan pemrograman siswa di negara berkembang. Sementara Arduino adalah board pengembangan berbasis Mikrokontroler, Raspberry Pi adalah board berbasis Mikroprosesor (biasanya ARM Cortex A Series) yang bertindak sebagai komputer.

Anda dapat menghubungkan beberapa periferal seperti Monitor (melalui HDMI atau Port AV), Mouse dan Keyboard (melalui USB), terhubung ke internet (melalui Ethernet atau Wi-Fi), menambahkan Kamera (melalui Antarmuka Kamera khusus), sama seperti kami lakukan pada komputer desktop kita.

Karena seluruh Komputer (Prosesor, RAM, Penyimpanan, Grafik, Konektor, dll.) berada di satu Board Sirkuit Tercetak, Raspberry Pi (dan board serupa lainnya) disebut sebagai Komputer Board Tunggal atau SBC.

Karena Raspberry Pi pada dasarnya adalah komputer lengkap, ia dapat menjalankan Sistem Operasi. Raspberry Pi Foundation, organisasi yang bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan Raspberry Pi SBC, juga menyediakan Distribusi Linux berbasis Debian yang disebut Raspberry Pi OS (sebelumnya dikenal sebagai Raspbian OS).

Hal penting lainnya tentang Raspberry Pi adalah, karena merupakan Komputer berbasis Linux, Anda dapat mengembangkan perangkat lunak menggunakan beberapa Bahasa Pemrograman seperti C, C++, Python, Java, HTML, dll.

Terlepas dari niat awalnya, yaitu untuk mempromosikan pemrograman (seperti Python dan Bahasa Pemrograman Scratch) di sekolah, Raspberry Pi SBC asli menjadi sangat populer di kalangan pembangun DIY, penggemar dan penggemar untuk mengembangkan beberapa aplikasi seperti Robotika, Stasiun Cuaca, Sistem keamanan berbasis kamera dll.

Karena kesuksesan dan popularitasnya, Raspberry Pi Foundation terus memperbarui dan merilis versi baru Raspberry Pi dengan yang terbaru adalah Raspberry Pi 4 Model B.

File desain perangkat keras dan firmware Raspberry Pi bukan sumber terbuka.

Ewesoft

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 3

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 3 – Ulasan pengguna merupakan hal yang penting dan tidak dapat disangkal fakta bahwa ulasan yang dilakukan oleh pembeli bersertifikat memiliki signifikansi yang tinggi. Anda tidak boleh mengabaikan ulasan editor. Hal ini dilakukan oleh panel ahli sebagian besar dan Anda dapat menggunakan keahlian mereka.

7. The Art of Computer Programming

Fokus utama buku ini adalah untuk menawarkan kepada pembaca seperangkat alat pemrograman yang lengkap. Para pembaca buku ini telah mengulasnya secara ekstensif dan direkomendasikan untuk para profesional. Kumpulan 4 jilid ini dapat dianggap sebagai titik referensi terbaik bagi siapa saja. Bahasa yang akan Anda temukan di sini juga cukup sederhana dan Anda akan dapat mempelajari isinya tanpa masalah atau kerumitan. slot

Berbagai ilmuwan telah menganjurkan analisis yang dilakukan oleh duo penulis, Donald Knuth dan Donald John Fuller. Contoh yang akan Anda dapatkan di sini juga sangat mirip dengan proyek kehidupan nyata. Namun, hampir tidak mungkin seseorang dapat menyelesaikan buku dari awal hingga akhir, yang terbaik adalah memperlakukan panduan ini sebagaimana mestinya. Ini adalah panduan referensi yang dapat Anda gunakan kembali setiap kali Anda terjebak pada proyek apa pun.

8. Programming Pearls

Anda tidak akan menemukan satu pun insinyur atau pembuat kode yang tidak mencantumkan buku rekayasa perangkat lunak ini dalam daftar buku favoritnya. Jon Bentley adalah penulisnya dan dia telah berhasil menawarkan perspektif yang sangat berbeda tentang adegan pengkodean.

Buku ini sangat berfokus pada penyediaan solusi bagi pemrogram untuk semua masalah yang mungkin mereka hadapi. Solusi yang akan Anda dapatkan di sini dalam panduan ini cukup mudah dan unik. Penulis telah memilih pendekatan yang cerdas dan lucu terhadap masalah yang mungkin dihadapi seseorang.

Para pemula akan merasa cukup menarik untuk belajar dengan pendekatan ini. Selain itu, solusi yang penulis tawarkan untuk masalah juga dapat diimplementasikan dengan mudah ke masalah dunia nyata. Tidak peduli apakah Anda seorang pemula atau profesional, buku ini menawarkan perspektif yang sangat mendalam. Setelah Anda mempelajari panduan ini oleh J. Bentley, Anda tidak hanya akan dapat menemukan hal-hal yang lebih mudah untuk diterapkan, tetapi Anda mungkin juga mengetahui tentang pendekatan yang lebih mudah.

9. A Philosophy of Software Design

Datang dengan label harga yang mahal, Anda mungkin merasa agak sulit untuk melihatnya. Namun, setelah melalui ulasan, kami merasa cukup menarik untuk disertakan. Buku ini dimulai dengan semua dasar yang perlu Anda ingat ketika Anda baru saja mulai belajar rekayasa perangkat lunak.

Metode dan teknik yang dibahas di sini akan memberi Anda pendekatan yang sangat mudah dan sederhana untuk membagi beberapa set kode yang kompleks menjadi modul yang lebih kecil. Ke depan, penulis telah menjelaskan aspek filosofis dari proses yang harus diikuti oleh pengembang.

Struktur yang penulis pilih untuk menjelaskan hal-hal sangat menarik. Paragraf dan bagian dibuat pendek dan ke titik yang tidak kurang dari keuntungan bagi seorang pemula. Dasar-dasarnya dijelaskan dengan sangat baik sehingga pembaca akan dapat memahami secara menyeluruh konsep inti di baliknya. Selain itu, begitulah cara Anda mengelola kode yang rumit. Jika Anda mencari buku yang dapat menawarkan Anda perspektif yang mendalam, ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

10. The Pragmatic Programmer

Saat kita bergerak maju dalam hal teknologi canggih, ada berbagai aspek baru yang perlu Anda pahami. Buku ini diterbitkan sepanjang jalan kembali pada tahun 1999. Ini mencakup berbagai topik termasuk penilaian diri dan pengembangan karir.

Selain itu, bab-bab yang akan Anda dapatkan di sini berakhir dengan serangkaian masalah. Juga, Anda dapat mengatakan tantangan yang akan membantu Anda berlatih sebanyak mungkin. Panduan yang ditulis oleh Andrew Hunt dan David Thomas menawarkan perspektif yang sangat rinci tentang semua aspek pemrograman. Ini akan membantu pemula untuk mengarahkan jalan mereka menjadi seorang profesional.

Buku ini juga berfokus pada celah dan kesalahan yang biasanya dihadapi pengembang. Kesalahan ini dapat dengan mudah diperbaiki tanpa kerumitan, yang perlu Anda lakukan hanyalah membaca bab ini secara menyeluruh. Namun, ada juga beberapa kontra yang akan Anda dapatkan dari buku ini. Penulis menunjukkan untuk selalu menggunakan kontrol versi dalam kode Anda.

Ewesoft

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 2

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 2 – Untuk pemula, harga adalah aspek yang paling penting berikut ini masih ada beberapa opsi yang sangat premium yang harus Anda baca untuk calon software engineering. Untuk para profesional atau orang-orang yang menganggap uang bukanlah hal utama, Anda harus mendapatkan yang menawarkan tampilan paling komprehensif.

4. Clean Architecture

Hal paling mendasar yang perlu Anda pelajari dalam aspek apa pun yang terkait dengan rekayasa perangkat lunak, adalah di mana pun Anda bekerja, Anda harus mengutamakan aturan universal. Penulis telah menulis beberapa buku terlaris dan Clean Architecture tentu saja tidak terkecuali. slot online

Buku ini juga akan fokus pada aspek-aspek yang perlu Anda pelajari saat melamar pekerjaan. Dalam buku ini, pembaca akan dapat melihat berbagai masalah yang akan datang dengan solusi langsung tanpa omong kosong yang tidak perlu. Penulis juga telah membahas prinsip-prinsip utama yang perlu Anda ikuti untuk mencapai posisi yang Anda cita-citakan.

Datang ke aspek yang lebih teknis, buku ini adalah langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mempelajari lebih lanjut dan menyempurnakan keterampilan Anda dalam hal manajemen data, pemisahan komponen, dan banyak lagi. Pembaca juga akan bisa mendapatkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang hal-hal yang benar-benar penting dalam pengkodean dan hal-hal yang dapat Anda abaikan tanpa merusak perangkat lunak yang sedang Anda kerjakan. Jika Anda baru memulai atau masih dalam tahap pemula, kami sangat merekomendasikan untuk membaca buku ini.

5. Code Complete: A Practical Handbook of Software Construction

Panduan referensi ini sangat populer di kalangan pengembang dan pembuat kode. Aspek terpenting bagi setiap pemula adalah memahami apa yang ditawarkan buku ini. Bahasa yang dipilih oleh penulis S. McConnell cukup sederhana dan lugas.

Di antara berbagai buku yang akan Anda temukan dalam kategori rekayasa perangkat lunak, Code Complete adalah panduan yang akan menemukan panduan praktik terbaik. Contoh-contoh yang disertakan di sini adalah kehidupan nyata dan Anda akan menemukan beberapa teknik terbaik untuk diterapkan. Penulis juga akan memandu Anda tentang cara terbaik untuk menerapkan prinsip tertentu.

Setelah Anda membaca buku ini, Anda harus dapat memahami metodenya secara menyeluruh. Anda harus mengikuti mereka untuk mendapatkan kreativitas terbaik tanpa membuat kode terlalu rumit. Panduan ini juga akan secara ekstensif berfokus pada keuntungan yang akan Anda dapatkan dari pengembangan kolaboratif. Berkat solusi langsung yang ditawarkan buku ini. Pembaca juga akan dapat dengan mudah men-debug kesalahan dan masalah yang mungkin terjadi dalam kode Anda. Code Complete memaksa Anda untuk menjaga kualitas kode yang Anda tulis.

6. Code: The Hidden Language of Computer Hardware and Software

Tidak peduli apakah Anda telah memilih rekayasa perangkat lunak sebagai karir Anda atau Anda hanya ingin tahu, Anda perlu mempelajari cara kerja komputer. Pengkodean adalah bahasa rahasia yang membuat semuanya berfungsi dan Anda dapat memesan komputer apa pun jika Anda mampu menguasai keterampilan pengkodean.

Ini juga merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan metode baru untuk membangun komunikasi. Buku ini akan dimulai dengan pengenalan yang sangat rinci tentang apa itu coding. Metode dan bahasa beserta referensi yang akan Anda dapatkan di sini akan membantu pemula untuk memahami dasar-dasarnya secara menyeluruh.

Buku ini menceritakan segala sesuatu dalam bentuk cerita dan ternyata menjadi teknik yang luar biasa untuk mengajarkan beberapa konsep dasar. Contoh yang akan Anda dapatkan di sini juga akan membantu dalam proyek yang sedang Anda kerjakan. Panduan setebal 400 halaman adalah alat terbaik dan lengkap yang Anda perlukan untuk memahami apa itu kode. Di bagian selanjutnya dari buku ini, pembaca juga akan mendapatkan konten terperinci tentang aspek membangun komputer sendiri.

Ewesoft

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 1

10 Buku Untuk Software Engineering Terbaik Bagian 1 – Buku dikatakan sebagai teman terbaik Anda dan memang begitu nyatanya untuk para calon software engineering. Berbagai ahli telah mencapai posisi mereka saat ini dengan menginvestasikan waktu mereka dalam membaca. Rekayasa perangkat lunak adalah subjek yang menuntut membaca berjam-jam konten bersama dengan latihan.

1. Cracking the Coding Interview

Saat Anda mempelajari dasar-dasar rekayasa perangkat lunak, aspek terpenting yang perlu Anda fokuskan adalah latihan. Sebelum Anda melamar pekerjaan, Anda harus melalui sebanyak mungkin masalah agar Anda memiliki ide dasar untuk menerapkan teknik dasar. premium303

Dalam sebuah wawancara, Anda tidak pernah tahu kapan pewawancara meminta Anda untuk menuliskan kode untuk beberapa tugas di papan tulis. Buku yang kami perkenalkan kepada Anda memiliki beberapa tip dan teknik luar biasa yang disebutkan yang akan membantu Anda memahami prosesnya dengan mulus.

Pertanyaan yang akan diajukan kepada Anda akan memiliki lapisan yang terbuka sebelum Anda dapat menjawabnya. Anda juga akan melihat bahwa pertanyaan tidak akan diambil dari buku teks mana pun dan semuanya akan ditanyakan secara real-time berdasarkan aplikasi kehidupan nyata. Saat menyelesaikan panduan referensi ini, Anda akan dapat melakukan yang terbaik di setiap wawancara pengkodean. Buku, yang ditulis oleh Gayle Laakmann McDowell, akan mencakup berbagai pertanyaan wawancara yang akan memiliki pertanyaan dasar hingga pertanyaan berbasis algoritma yang rumit.

2. Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship

Untuk seorang pembuat kode, hal terpenting yang perlu diingat adalah bagaimana menulis kode yang bersih. Proses pengembangannya sangat rumit dan Anda hanya akan bisa menguasainya dengan banyak latihan.

Kode yang Anda tulis harus bersih agar semuanya berfungsi. Jika tidak, akan ada banyak bug yang akan Anda perhatikan dan perangkat lunak yang Anda kembangkan akan runtuh. Buku ini akan fokus untuk memberi Anda banyak kode tertulis yang dapat Anda lalui untuk mengetahui kesalahan yang mungkin Anda buat.

Fokus utama buku Robert Martin ini adalah untuk memberikan perbandingan rinci antara faktor-faktor kunci yang membuat sebuah program baik atau buruk. Panduan ini pada dasarnya terdiri dari tiga bagian, yang pertama berfokus pada penyediaan pola, praktik, dan prinsip. Pindah ke bagian kedua, pembaca akan menemukan sejumlah studi kasus beserta beberapa contoh yang sangat praktis. Buku ini juga akan memperkenalkan Anda pada semua detail penting yang perlu Anda terapkan dalam membentuk kode yang ditulis dengan buruk menjadi kode yang bersih.

3. Introduction to Algorithms – 3rd Edition

Edisi sebelumnya dari panduan referensi ini untuk mempelajari dasar-dasar dan memulai aspek teknis juga sangat populer di kalangan insinyur. Ini tidak terkecuali. Buku ini akan mencakup berbagai teknik dan tip yang terkait dengan topik seperti algoritma multithreaded, aliran berbasis tepi, pemrograman dinamis, dll.

Berbeda dengan buku-buku lain yang fokus menawarkan satu aspek saja, baik keketatan maupun kelengkapannya, buku yang ditulis oleh Thomas H. Cormen ini mencakup kedua aspek tersebut secara detail. Bahkan ketika algoritma jangka panjang dibahas secara luas, Pengantar Algoritma berhasil menawarkan pemahaman yang mudah bagi pemula.

Edisi 1 dan 2 dari panduan ini juga sangat populer di kalangan silabus universitas. Edisi terbaru ini menawarkan pandangan yang diperbarui pada semua aspek dan Anda tidak akan merasa ingin memahami alur kerja platform yang sudah ketinggalan zaman. Buku ini juga menampilkan serangkaian teknik yang disempurnakan yang akan digunakan para insinyur untuk mengubah algoritma serakah bersama dengan implementasi pemrograman dinamis yang lebih baik.

Ewesoft

Operator Bitwise Dalam Pemrograman Mikrokontroler

Operator Bitwise Dalam Pemrograman Mikrokontroler – Jika Anda akrab dengan Mikrokontroler, maka Anda mungkin mengetahui Operator Bitwise dalam Pemrograman Mikrokontroler. Dalam Mikrokontroler 8-bit seperti 8051 misalnya, sekelompok 8 pin digabungkan untuk membentuk Port. Alasan pengelompokan pin ke dalam port adalah untuk memudahkan pemrograman karena Anda dapat memanipulasi 8 pin saat bekerja pada level Port.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin mengontrol pin individual dari sebuah Port. Maka Anda harus menggunakan Operator Bitwise dalam Pemrograman Mikrokontroler. Dengan menggunakan enam operator bitwise, Anda dapat melakukan beberapa manipulasi bit penting seperti Mengatur Sedikit, Menghapus Sedikit, Mengalihkan Sedikit, Menguji Sedikit, Mengekstraksi Sedikit, dan Memantau Sedikit. https://beachclean.net/

Dasar-dasar Operator Bitwise

Sekarang, mari kita mulai dengan beberapa dasar Operator Bitwise. Seperti namanya, operator bitwise digunakan untuk memanipulasi data pada level bit. Operator bitwise dapat digunakan dengan bilangan bulat dan tidak dapat diterapkan ke tipe data lain seperti float atau double (well, setidaknya tidak secara langsung).

Bilangan bulat desimal dikonversi ke biner yaitu urutan 1 dan 0 dan operator bitwise bekerja pada data ini sedikit demi sedikit mulai dari LSB (bit paling signifikan di paling kanan) dan bekerja menuju MSB (bit paling signifikan di paling kiri).

Berbagai jenis Operator Bitwise

Pada dasarnya, ada enam jenis Operator Bitwise. Mereka:

– Bitwise ATAU – Dilambangkan dengan ‘|’

– Bitwise DAN – Dilambangkan dengan ‘&’

– Bitwise XOR – Dilambangkan dengan ‘^’

– Bitwise NOT – Dilambangkan dengan ‘~’

– Bitwise Right Shift – Dilambangkan dengan ‘>>’

– Pergeseran Kiri Bitwise – Dilambangkan dengan ‘<<‘

Sedikit demi sedikit ATAU – ‘|’

Bitwise OR dilambangkan dengan simbol ‘|’. Hasil dari Bitwise OR adalah ‘1’ ketika setiap bit ORed dengan 1 dan hasil bitwise OR sama dengan bit ketika ORed dengan 0. Pertimbangkan dua angka 4-bit A = 1100 dan B = 1001.

Sedikit demi sedikit DAN – ‘&’

Bitwise AND dilambangkan dengan simbol ‘&’. Hasil dari Bitwise AND adalah ‘1’ hanya jika kedua operan adalah 1. Jika tidak, hasil bitwise AND adalah 0. Pertimbangkan dua angka 4-bit yang sama seperti pada contoh sebelumnya yaitu A = 1100 dan B = 1001.

Bitwise XOR – ‘^’

Bitwise XOR adalah kependekan dari Exclusive OR dan dilambangkan dengan simbol ‘^’. Bitwise XOR adalah operator penting dalam Pemrograman Mikrokontroler.

Ketika suatu bit di XOR dengan 0, maka hasilnya sama dengan bit itu sendiri yaitu jika 0 di XOR dengan 0 maka hasilnya adalah 0 dan jika 1 di XOR dengan 0, maka hasilnya adalah 1.

Ketika bit di XOR dengan 1, maka hasilnya di toggle yaitu jika 0 di XOR dengan 1 maka hasilnya adalah 1 dan jika 1 di XOR dengan 1 maka hasilnya adalah 0.

Pertimbangkan dua angka 4-bit yang sama seperti pada contoh sebelumnya yaitu A = 1100 dan B = 1001.

Bitwise NOT – ‘~’

Bitwise NOT dilambangkan dengan simbol ‘~’ dan merupakan satu-satunya Operator Bitwise Unary dalam kelompok yaitu hanya membutuhkan satu operan (sementara semua Operator Bitwise lainnya membutuhkan dua operan).

Operator Bitwise NOT juga disebut sebagai Negasi atau Pelengkap. Karena ini adalah Operator Unary, Bitwise NOT dari 0 adalah 1 dan Bitwise NOT dari 1 adalah 0.

Sekarang, pertimbangkan angka 4-bit A = 1011.

Operator Pergeseran Bitwise (Shift left ‘<<‘ dan Shift right’>>’)

Akhirnya, ada dua operator shift yaitu Shift Kiri dan Shift Kanan dan masing-masing diwakili oleh ‘<<‘ dan ‘>>’. Pertama mari kita pahami operator shift kiri. Operasi shift kiri direpresentasikan sebagai berikut:

Operan << n

Artinya adalah menggeser bit ‘Operand’ ke kiri dengan jumlah posisi yang ditentukan oleh ‘n’. Bit paling kiri ‘n’ akan dibuang dan ‘n’ jumlah nol akan ditambahkan di sebelah kanan. Sebagai contoh, perhatikan contoh berikut.

11101100 << 2 akan menghasilkan 10110000

Demikian pula, operasi pergeseran ke kanan direpresentasikan sebagai berikut:

Operan >> n

Perhatikan contoh pergeseran kanan berikut.

10010111 >> 4 akan menghasilkan 00001001